Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

[ASK] Mengapa ada orang yang menyebut namanya sendiri saat berbicara?
#1

0
Mau nanya nih kebetulan saya punya salah satu teman, dan yang paling terciri dari dia dibanding yang lain itu adalah saat menyebut dirinya sendiri. Jika umum nya atau kebanyakan orang memakai kata "aku, saya, atau gaulnya gue" dll sesuai daerah masing-masing. 
Tapi bedanya dia menyebutkan nama nya kalau menyebutkan diri sendiri. Contoh temen saya namanya intan
Gw : "tan lu udh lama nyampe sini?"
Intan : "nggak kok wan, intan baru aja datang tadi ya sekitar 10 menit lah disini."
Nah disitu dia pakai nama sendiri sebagai kata ganti orang pertama, kira-kira alasan nya kenapa ya sob?

"Progress and Action"  Tongue
#2

0
Pertanyaan yang sangat bagus .
Jadi singkatnya fenomena menyebut Namanya sendiri atau kata ganti ketiga dan tidak menggunakan kata ganti pertama seperti “aku” dan “saya” ini bisa disebut illeisme. Menurut Wikipedia
Lalu untuk alasan orang melakukan nya adalah
  1. Ingin menjaga jarak antara pribadi dan diri seseorang. Ini salah satu trik psikologi
  2. Ingin menghormati lawan bicara, karna dalam beberapa kasus pemakaian kata ganti pertama bisa dianggap kurang sopan. Misal nya seorang yang lebih muda bicara dengan yang lebih tua pakai kata “aku”
  3. Ingin meninggikan diri sendiri, bisa jadi karena bangga dan ingin lawan bicara nya ingat dengan nama dan diri nya lebih baik sehingga cepat mengenal dan akrab. Seperti pertanyaan tadi menurut mas Gunawan teman yang ini lebih terciri.
  4. Berlaku seperti anak kecil, yap anak kecil sering menggunakan Namanya untuk merujuk diri sendiri. Mungkin pengaruh orang tua juga yang sering menyebutnya dengan Namanya. Tapi kebanyakan seiring bertambah umur harusnya akan merasa malu dan mengikuti umum yang kebanyakan pakai kata ganti orang pertama. Tapi pada beberapa pribadi orang ada yang sampai terbawa hingga dewasa.
Semoga bisa menjawab pertanyaan Anda.
Reply


Share to

Possibly Related Threads…
Thread / Author Replies Views Last Post
Last Post by Abdul
25-02-2022, 04:47 PM