01-03-2024, 05:32 PM
(This post was last modified: 01-03-2024, 05:33 PM by Gunawan. Edited 1 time in total.)
0
Tau kah Anda bahwa salah satu media promosi yang saat ini banyak digunakan oleh pebisnis online adalah whatsapp.
Berdasarkan data, penggunanya di Indonesia pada awal tahun ini mencapai 170 juta lebih dan akan bertambah seiring waktu.
Jadi tidak heran banyak pebisnis yang omzetnya naik drastis karena memanfaatkan whatsapp untuk promosi.
Tapi tidak sedikit juga pebisnis di luaran sana yang jualannya segitu-gitu aja, jangan kan omzet naik untuk dapat satu penjualan aja sulitnya minta ampun. Padahal media promosi yang dipakai sama yaitu whatsapp.
Nah..setelah diselidiki ternyata salah satu sebab sulit dapat penjualan di whatsapp adalah iklan promosinya tidak menarik, sehingga iklannya dicueki oleh calon pembeli.
Jadi begini, kalau promosi di WA dan ingin iklannya gak dicueki target pasar, maka pastikan Headline Iklannya sesuai dengan kategori Marketnya.
Headline adalah kalimat pertama dalam iklan promosi kita.
Dan ada 3 kategori Market, yaitu
- Cold Market, orang-orang yang gak pernah interaksi dan belum jadi pembeli
- Warm Market, orang-orang yang pernah interaksi tapi belum jadi pembeli
- Hot Market, orang-orang yang sudah jadi pembeli
Nah, kalau promosi ke dominan Cold Market.
Maka bisa pakai rumus Headline ini
Bagaimana (Hal yang paling diinginkan Calon Pembeli) Tanpa (Hambatan yang sedang dirasakan Calon Pembeli)
Contoh :
- Bagaimana mendapatkan kulit yang lebih mulus tanpa perawatan yang mahal
- Bagaimana menghasilkan minimal 3 juta rupiah tanpa harus kekantor
Kalau promosi ke dominan Warm Market.
Maka bisa pakai rumus Headline ini
Cara Saya (impian Target Pasar) yang bisa Anda tiru
Contoh
- Cara Saya punya penghasilan 10 juta perbulan yang bisa Anda tiru
- Cara Saya tetap bersemangat yang bisa Anda tiru
Kalau promosi ke dominan Hot Market.
Maka bisa pakai rumus Headline ini
(Penawaran) hanya (batasan)
Contoh :
- Diskon 50% hanya hari ini saja
- Potongan harga sampai 100.000 hanya untuk 5 pendaftar tercepat
Jadi begitu ya.
Tiap market, punya jenis headline sendiri-sendiri.
Ini supaya iklan promosi kita tidak dicueki oleh calon pembeli di WA.
Berdasarkan data, penggunanya di Indonesia pada awal tahun ini mencapai 170 juta lebih dan akan bertambah seiring waktu.
Jadi tidak heran banyak pebisnis yang omzetnya naik drastis karena memanfaatkan whatsapp untuk promosi.
Tapi tidak sedikit juga pebisnis di luaran sana yang jualannya segitu-gitu aja, jangan kan omzet naik untuk dapat satu penjualan aja sulitnya minta ampun. Padahal media promosi yang dipakai sama yaitu whatsapp.
Nah..setelah diselidiki ternyata salah satu sebab sulit dapat penjualan di whatsapp adalah iklan promosinya tidak menarik, sehingga iklannya dicueki oleh calon pembeli.
Jadi begini, kalau promosi di WA dan ingin iklannya gak dicueki target pasar, maka pastikan Headline Iklannya sesuai dengan kategori Marketnya.
Headline adalah kalimat pertama dalam iklan promosi kita.
Dan ada 3 kategori Market, yaitu
- Cold Market, orang-orang yang gak pernah interaksi dan belum jadi pembeli
- Warm Market, orang-orang yang pernah interaksi tapi belum jadi pembeli
- Hot Market, orang-orang yang sudah jadi pembeli
Nah, kalau promosi ke dominan Cold Market.
Maka bisa pakai rumus Headline ini
Bagaimana (Hal yang paling diinginkan Calon Pembeli) Tanpa (Hambatan yang sedang dirasakan Calon Pembeli)
Contoh :
- Bagaimana mendapatkan kulit yang lebih mulus tanpa perawatan yang mahal
- Bagaimana menghasilkan minimal 3 juta rupiah tanpa harus kekantor
Kalau promosi ke dominan Warm Market.
Maka bisa pakai rumus Headline ini
Cara Saya (impian Target Pasar) yang bisa Anda tiru
Contoh
- Cara Saya punya penghasilan 10 juta perbulan yang bisa Anda tiru
- Cara Saya tetap bersemangat yang bisa Anda tiru
Kalau promosi ke dominan Hot Market.
Maka bisa pakai rumus Headline ini
(Penawaran) hanya (batasan)
Contoh :
- Diskon 50% hanya hari ini saja
- Potongan harga sampai 100.000 hanya untuk 5 pendaftar tercepat
Jadi begitu ya.
Tiap market, punya jenis headline sendiri-sendiri.
Ini supaya iklan promosi kita tidak dicueki oleh calon pembeli di WA.
Ulang 9x setiap hari : "Inna Fatahna Laka Fatham Mubina" Insya Allah rezeki seperti Air Zam² yang tak berhenti mengalir. Aamiin..