13-10-2023, 03:58 PM
0
Membuat landing page adalah langkah awal yang positif untuk bergelut di dunia digital marketing. Tapi, Anda juga perlu memastikan bahwa landing page tersebut bekerja secara efektif.
Artinya, sebuah landing page harus didesain secara optimal untuk mendorong pengunjung melakukan pembelian, dalam hal ini ada konversi dari leads menjadi buyer.
Berikut beberapa tips supaya landing page Anda jadi lebih efektif:
1. Buat Penawaran Menarik
Anda perlu menyadari bahwa Anda memiliki kompetitor yang tentunya juga memiliki landing page. Jadi, pastikan Anda memiliki penawaran yang lebih menarik daripada kompetitor Anda di mata calon pelanggan.
2. Perhatikan Load Time
Page load time adalah lamanya waktu untuk memuat seluruh konten/element landing page. Semakin lambat tentu akan berdampak buruk bagi bisnis Anda. Karena pengunjung nggak mau buang-buang waktu dan ingin segalanya serba cepat.
3. Buat Jalur Konversi yang Jelas
Landing page boleh panjang, tapi pastikan jalur konversi Anda jelas. Karena intinya pelanggang harus dimudahkan dalam pengambilan keputusan untuk membeli.
Contohnya seperti ini:
- Buat CTA yang mencolok
- Gunakan petunjuk yang jelas menuju CTA
- Tambahkan Anchor Text (yang ketika di klik langsung menuju ke CTA)
- Desain CTA tegas (misal frame, outline, dll)
4. Gunakan Kalimat Persuasif
Anda bisa menerapkan strategi marketing dengan menggunakan kalimat persuasif atau bahkan menakut-nakuti. Buat pelanggan Anda takut kelihangan tawaran diskon atau promo menarik yang terbatas waktu, dll.
5. Gunakan Video
Popularitas tiktok dan youtube telah membawa perubahan terhadap gaya konsumsi user termasuk cara belanjanya. Intinya, gunakan video yang efektif yang tidak mengalihkan pengunjuk terhadap tujuan utama landing page Anda yaitu Call To Action
6. Ciptakan Pengalamn yang Memuaskan
Pastikan pengunjung tidak terkejut dengan landing page Anda. Artinya, penawaran Anda harus sama seperti yang tertera di iklan. Hindari click-bait palsu dan hal serupa.
Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membuat landing page yang lebih efektif. Tentunya hal ini juga perlu diimbangi dengan desain landing page yang sesuai dengan brand produk/layanan Anda.
Artinya, sebuah landing page harus didesain secara optimal untuk mendorong pengunjung melakukan pembelian, dalam hal ini ada konversi dari leads menjadi buyer.
Berikut beberapa tips supaya landing page Anda jadi lebih efektif:
1. Buat Penawaran Menarik
Anda perlu menyadari bahwa Anda memiliki kompetitor yang tentunya juga memiliki landing page. Jadi, pastikan Anda memiliki penawaran yang lebih menarik daripada kompetitor Anda di mata calon pelanggan.
2. Perhatikan Load Time
Page load time adalah lamanya waktu untuk memuat seluruh konten/element landing page. Semakin lambat tentu akan berdampak buruk bagi bisnis Anda. Karena pengunjung nggak mau buang-buang waktu dan ingin segalanya serba cepat.
3. Buat Jalur Konversi yang Jelas
Landing page boleh panjang, tapi pastikan jalur konversi Anda jelas. Karena intinya pelanggang harus dimudahkan dalam pengambilan keputusan untuk membeli.
Contohnya seperti ini:
- Buat CTA yang mencolok
- Gunakan petunjuk yang jelas menuju CTA
- Tambahkan Anchor Text (yang ketika di klik langsung menuju ke CTA)
- Desain CTA tegas (misal frame, outline, dll)
4. Gunakan Kalimat Persuasif
Anda bisa menerapkan strategi marketing dengan menggunakan kalimat persuasif atau bahkan menakut-nakuti. Buat pelanggan Anda takut kelihangan tawaran diskon atau promo menarik yang terbatas waktu, dll.
5. Gunakan Video
Popularitas tiktok dan youtube telah membawa perubahan terhadap gaya konsumsi user termasuk cara belanjanya. Intinya, gunakan video yang efektif yang tidak mengalihkan pengunjuk terhadap tujuan utama landing page Anda yaitu Call To Action
6. Ciptakan Pengalamn yang Memuaskan
Pastikan pengunjung tidak terkejut dengan landing page Anda. Artinya, penawaran Anda harus sama seperti yang tertera di iklan. Hindari click-bait palsu dan hal serupa.
Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membuat landing page yang lebih efektif. Tentunya hal ini juga perlu diimbangi dengan desain landing page yang sesuai dengan brand produk/layanan Anda.